Hidup dalam Generasi Sandwich, Simak 4 Tips Mencapai Keamanan Finansial Berikut

Mungkin Anda sering mendengar istilah sandwich generation. Apa sih itu? Generasi sandwich adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi keuangan seseorang, di mana terjepit di antara generasi sebelumnya dan berikutnya. Tingkat atas adalah orangtua atau mertua dan tingkat yang lebih rendah adalah anak atau keturunan hingga cucu jika ada. Dari sudut pandang finansial, orang-orang dalam posisi ini mau tidak mau harus mendukung dua generasi sekaligus. Mungkin terdengar rumit, tapi tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengalami hal ini. Untuk itu, agar bisa menunjang kestabilan ekonomi, mungkin Anda bisa memproteksi diri Anda dan keluarga dan berinvestasi secara optimal dengan memilih asuransi jiwa unit link yang bagus.

Namun demikian, bagi Anda yang terjebak di generasi sandwich, mari simak 4 tips hidup minimalis yang bisa dilakukan!

1. Catat keuangan harian hingga bulanan secara detail

Apakah Anda sering merasa gaji Anda tiba-tiba habis, tetapi tidak tahu ke mana? Nah, jika tidak memiliki catatan keuangan yang jelas, maka kemungkinan besar masalah seperti itu akan terjadi secara terus-menerus pada Anda. Oleh karena itu, langkah pertama dalam mencapai keamanan finansial adalah melakukan pencatatan keuangan secara rinci dan sedetail mungkin. Dengan mencatatnya, maka Anda bisa mengetahui ke mana saja uang dikeluarkan dan sebagainya.

2. Memiliki penghasilan sampingan

Jika penghasilan Anda saat ini hanya bersumber dari gaji, Anda bisa pertimbangkan untuk mencari sumber penghasilan lainnya. Mengandalkan gaji saja mungkin akan terasa sulit untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga. Untuk itu, cobalah mencari penghasilan tambahan misalnya saja membuka bisnis online di malam hari sepulang kerja dan hari libur, menjadi pekerja lepas seperti menulis atau membuat karya kreatif lainnya.

3. Memiliki investasi

Selain menabung, Anda juga perlu mengalokasikan pendapatan untuk investasi. Jangan menunggu “nanti” atau “besok saja” karena semakin cepat Anda berhasil dalam berinvestasi, maka semakin cepat pula Anda mencapai keamanan finansial bahkan kebebasan finansial. Investasi pun tidak harus dimulai dengan saham seperti yang sedang hype sekarang ini, namun Anda dapat mengalokasikan dana investasi dengan memiliki asuransi unit link, misalnya.

4. Bergaya hidup minimalis

Anda tidak harus memiliki semua hal yang modis dan tren. Bedakan kebutuhan dan keinginan Anda agar keamanan finansial dapat segera tercapai. Cara paling tepat untuk memetakan kebutuhan dan keinginan adalah dengan mengaplikasikan gaya hidup yang minimalis. Ya, dengan gaya hidup seperti ini, maka Anda bisa terhindar dari pembelian sesuatu secara impulsif. Gaya hidup minimalis bisa diubah mulai dari pakaian dan kebutuhan keluarga. Ketahui prioritas Anda, itulah yang terpenting.

Tips-tips di atas terkesan mudah dan sepele, tetapi ketika Anda mulai mengaplikasikannya langsung, mungkin akan terasa sulit untuk dijalanji dan menguras pikiran. Jangan khawatir, semua bisa dilakukan jika sudah terbiasa. Semoga artikel ini dapat membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *